SOP (Standar Operasional Prosedur) Standar Pembiayaan

 

Tujuan

Mengelola penggunaan biaya pendidikan secara akuntabel

Ruang Lingkup

Kepala Sekolah dan Bendahara Sekolah

Pengelolaan

Mengutamakan pelayanan kelancaran penyelenggaraan pendidikan di sekolah, meliputi:

Perencanaan

1.     Cut off Bos melalui data Dapodik per 31 Agustus

2.     Membuat RKAS

3.     Mencatat hasil realisasi dan bukti transaksi setiap bulan

4.     Pengadaan barang/jasa keperluan sekolah melalui SIPLAH

5.     Pengadaan kuitansi

6.     Pembuatan buku kas umum

7.     Buku kas pembantu bank

8.     Pembuatan buku kas pembantu

9.     Buku pembantu pajak

10.   Pembuatan format jurnal umum

11.   Pembuatan format laporan keuangan bulanan, triwulan,Caturwulan , dan tahunan

12.   Pelaporan melalui laman https://bos.kemdikbud.go.id/


Pelaksanaan

1.     Melakukan pencatatan penerimaan biaya pendidikan pada format penerimaan

2.     Persamaan persepsi se Kecamatan

3.     Pengadaan barang/jasa keperluan sekolah melalui SIPLAH

4.     Pengadaan kuitansi

5.     Pembuatan buku kas umum

6.     Buku kas pembantu bank

7.     Pembuatan buku kas pembantu

8.     Buku pembantu pajak

9.     Pembuatan format jurnal umum

10.     Pembuatan format laporan keuangan bulanan, triwulan,Caturwulan , dan tahunan

11.     Pelaporan melalui laman https://bos.kemdikbud.go.id/

12.     Melakukan pencatatan pengeluaran di jurnal umum

13.     Memberikan pelayanan kepada walimurid dan mitra


Pelaporan

Periode pelaporan meliputi bulanan, triwulan, Caturwulan, dan tahunan

Evaluasi

Evaluasi dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang pemasukan dan pengeluaran keuangan sekolah setiap bulan, meliputi:

1. Analisa laporan pembukuan BOS dan bukti kuitansi

2. Analisa pelaksanaan pelaksanaan pengadaan barang/jasa sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai pengadaan barang/jasa oleh Satuan Pendidikan

Jangka Waktu Penyelesaian

Penyelesaian keuangan yang bersumber dari BOS dilakukan secara kontinyu sesuai dengan batas waktu yang ditentukan

Biaya Pelayanan

Biaya pelayanan gratis

Produk Pelayanan

1.    RAKS

2.    Pelaporan BOS


Sarana Prasarana/Fasilitas

Pedoman BOS,Komputer, Kotak Saran, Pelayanan Informasi

Kompetensi Pelaksana

1. Pendidikan SMA/D3/S1
2. Memahami Peraturan Perundang-undangan/pedoman/juknis yang berlaku
3. Mampu mengoprasikan komputer

Penanganan pengaduan, Saran dan Masukan

Pengaduan, saran dan masukan dapat disampaikan secara langsung dengan mendatangi kantor Dinas atau secara tertulis melalui surat yang ditujukan kepada Kepala Dinas maupun melalui media/sarana pengaduan yang tersedia seperti email, 
faksmile, SMS getway, nomor telepon (hotline service), kotak saran/pengaduan yang terdapat di sekolah.
Tim Penyelesaian Pengaduan tingkat kabupaten 
Telp. ( 0282 ) 542797
Jl. Kalimantan No. 51 Cilacap

Jumlah Pelaksana

Jumlah Personil Pelayanan Pembiyayaan sebanyak 2 (dua) orang.

 

Jaminan Pelayanan

Pelayanan diberikan dengan cepat, tepat, akuntable dan dapat  dipertanggungjawabkan.

 

Jaminan Keamanan dan Keselamatan

1. Pelayanan Bebas Pungli.

2. Tempat Pelayanan aman dan nyaman




Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOP (Standar Operasional Prosedur) PPDB

SOP (Standar Operasional Prosedur) Siswa Mutasi

SOP (Standar Operasional Prosedur) Pelayanan Legalisir Ijazah